Jumat, 06 April 2012

Cara Merawat Flash Disk Agar Awet

Tips cara merawat flash disk agar tidak cepat rusak ..  siapa sih yang tidak tahu flash disk ?? flash disk adalah alat penyimpan data yang berbentuk kecil atau unik yang dapat di bawa kemana-mana. Terkadang banyak orang yang baru beli flash disk tetapi baru seminggu atau sebulan flash disknya sudah rusak, lalu menyalahkan vendor flash disk. Sebetulnya yang salah bukan vendor flash disk, tapi kita lah yang salah dalam merawatnya. Dengan mempelajari tips cara merawat flash disk, kita dapat mencegah kerusakan yang terjadi pada flash disk kita.


Tips cara merawat flash disk agar tetap awet atau agar tidak mudah rusak :

1. Jauhkan flash disk anda dari AIR ,, karena air dapat merusak semua alat elektronik.
2. Simpan ditempat yang aman, jangan diletakkan ditempat yang panas, karena dapat membuat flash disk anda menjadi cepat rusak.
3. Jauhkan flash disk anda dari medan magnet. Bukan hanya flash disk saja tapi semua alat elektronik kalau bisa di jauhkan dari medan magnet.
4. Hindari cara mencabut flash disk dengan paksaan ,, karena dapat membuat flash disk cepat mengalami bad sector.
5. Hindarkan flash disk dari benturan yang keras, entah terjatuh ataupun terlempar.
6. Jangan lupa untuk melakukan proses eject pada saat mau mengambil flash disk yang sudah tidak terpakai di komputer.
7. Jangan lama-lama tertancap di komputer, karena akan membuat flash disk tersebut menjadi cepat panas.
8. Inilah yang paling penting: Manage flashdisk dengan cluster terbesar (klik kanan my computer, manage, klik kanan flashdisk, pilih format flashdisk, pilih allocation unit size dg nilai terbesar, misalnya 16K ato 32K ato 64K. Hal ini dimaksudkan agar kinerja chipset flashdisk tidak berat atau panas dan menghindarkan diri dari bad sector.
9. Jangan terlalu sering memformat flash disk karena akan membuat flash disk cepat rusak. Harddisk saja kalau sering diformat cepat rusak apalagi dengan flash disk.


Mungkin para sahabat karismea sudah pernah berulang kali mengalami ketika flash disk yang kita miliki dihubungkan ke komputer bisa dideteksi tetapi tidak bisa dibuka. Nah ,, disini akan saya beri tahu cara memperbaiki flash disk yang rusak.. 


semoga pada postingan saya ini dapat bermanfaat bagi para sahabat karisme sekalian.. semoga bermanfaat dan berharga bagi kalian.. sekian dan terima kasih...


Salam Karismea

4 komentar: