Rabu, 04 April 2012

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk


Harddisk merupakan media penyimpanan yang sering kita gunakan untuk menyimpan data-data penting baik itu berupa file, gambar, video, mp3 dan lain sebagainya yang nantinya bisa kita gunakan kembali.
Cara memperbaiki bad sector pada hardisk | Namun, dalam beberapa kasus usia harddisk dan beberapa faktor kerusakan hard disk / bad sector terkadang tidak bisa kita hindari.
Oleh karena itu, Lambatnya komputer saat diakses atau terdapat beberapa file yang korup ketika anda copy anda perlu waspadai ada kemungkinan harddisk anda bad sector.
Bad sector adalah suatu kondisi dimana  pada hard disk komputer kita terdapat beberapa kerusakan yang mengakibatkan file korup dan lambat ketika di akses.


Bad sector ada 2 yaitu :

1. Bad sector fisik/mekanik yang bisa terjadi akibat benturan, tergores, terkena debu terlalu banyak dll. mengakibatkan rusaknya bentuk fisik lempengan hard disk.
2. Bad sector software bisa terjadi saat har disk sedang sibuk terjadi mati lampu dan memutuskan aliran arus listrik ke komputer kita mengakibatkan kerusakan software pada hard disk dan lain-lain.

Tanda-tanda harddisk bermasalah yaitu harddisk berbunyi, tidak terbaca dan bermasalah dengan kecepatan.
Berikut ini akan dibahah cara memulihkan kembali har disk yang terkena bad sector software dengan menggunakan aplikasi yang mudah digunakan dan gratis untuk di download 
A.                 Easeus Partition Manager.

Sebuah software repair bad sector yang mudah digunakan dan mampu memperbaiki kerusakan hard disk karena bad sector.
Prasyarat : Sebelum melakukan proses perbaikan bad sector pada hard dsik anda pastikan data anda telah di back up terlebih dahulu, untuk menghindari kehilangan data.

1. Download dan Jalankan aplikasi Easeus Partition Manager pada komputer anda.
2. Pilih partisi pada disk drive anda yang kira-kira terkena bad sector kemudian klik kanan delete-> Delete partition anda delete data
3. Setelah itu klik tombol apply

B. HDD Low Level Format Tool

Aplikasi Low Level Format ini adalah berfungsi untuk menghapus secara  permanen semua data, partisi dan informasi bad sektor yang ada dalam hardisk tersebut. Setelah anda menjalankan aplikasi Low level format ini,hardisk akan bersih total seperti saat anda menggunakan hardisk ini pertama kali. Catatan : sebelum anda menjalankan Low level format ini sebelumnya anda harus mem-backup dulu data-data yang sekiranya penting. tool ini bisa juga menghapus secara permanen data-data pribadi atau data rahasia anda.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format :

1. Download dulu Program HDD Low Level Format di www.hddguru.com atau cari di google juga banyak situs-situs software yang menyediakan download tool ini.
2. Install dan jalankan program HDD Low Level Format
3. Pilih Hardisk yang akan di-Format, kemudian klik Continue..
4. Klik pada Low Level Format, klik format This Device..
5. Tunggu hingga selesai, biasanya waktu yang diperlukan cukup lama.

Dibawah ini adalah gambar pada langkah ke 3 dan ke 4 :




Catatan : kalau bisa anda menggunakan Komputer (PC) lain dan di-jadikan hardsik Slave bukan master primary atau jadikan Hardisk Eksternal kalau punya kabel Usb IDE untuk Hardisk IDE atau kalau anda menggunakan Hardisk SATA pakai saja casing hardisk SATA yang sudah dilengkapi dengan kabel usbnya tinggal colokkan ke-komputer (PC).


C. Program Windows
Secara internal sebenarnya windows memiliki tools sederhana yang include dalam sistem operasi windows. Caranya adalah;
  1. Double-click pada [My Computer] untuk membuka jendela baru.
  2. Pilih disk yang akan anda diagnose dan repair.
  3. Klik kanan pada disk/drive tersebut dan pilih [Properties].
  4. Pilih tab [Tools].
  5. Klik pada tombol [Check Now] dibawah Error Checking Status.
  6. Tergantung pada versi Windows Anda, pilih salah satu [Thorough] atau [Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors]
  7. Klik [Start] dan tunggu hingga proses selesai.
  8. Setelah selesai, sebaiknya anda restart komputer.
nah ,, sekian dulu postingan dari saya gan .. ane dah ngantuk nih gan.. gak betah kalo lama lama .. sekian dulu dan terima kasih


Salam Karismea




Tag :




2 komentar: